SERBA SERBI KOLOM BETON

Kolom adalah unsur vertikal struktur yang berfungsi sebagai pemikul gaya-gaya dari balok dan/atau struktur di atasnya, dan meneruskannya ke struktur atau elemen struktur di bawahnya. Sebagai elemen penopang struktur, kolom harus memiliki kekakuan dan kekuatan yang cukup agar memenuhi syarat sebagai unsur vertikal struktur dengan fungsi tersebut di atas.

kolom-5Untukmeningkatkan kemampuan bangunan terhadap gaya lateral akibat gempa, pada bangunan tinggi (high rise building) acapkali unsur vertikal struktur menggunakan gabungan antara kolom dengan dinding geser (shear wall)

Salah satu contoh penggunaan kolom sebagai bagian dari struktur bangunan adalah kolom penyangga tandon/reservoir air bersih seperti terlihat di dalam Gambar di bawah ini:

Kolom Tandon AirMeskipun nampaknya hanya memikul tandon air, kolom jenis ini lebih berat kerjanya karena selain tidak ada pengaku lainnya (selain hanya balok-balok ikat), massa atau beban terpusat di bagian paling atas. Jika ada gempa, kerja kolom ini akan sangat berat. Untuk itu perlu dirancang dengan sebaik-baiknya.

Untuk lebih memahami konsep perancangan kolom beton, berikut disertakan bahan kuliah yang saya buat (dalam format pdf) yang bisa diunduh dengan klik di sini.

Kolom merupakan elemen struktur yang paling menentukan kekokohan bangunan. Pada daerah dengan kegempaan tinggi, peranan kolom sangat menentukan. Untuk itu diperlukan rancangan kolom yang komprehensif dan menjamin kekokohan yang cukup untuk gaya gempa yang terjadi di daerah yang bersangkutan. Dikembangkannya konsep kolom kuat balok lemah (strong column weak beam) sebagai jawaban atas ketahanan struktur terhadap gaya gempa merupakan hal yang perlu disambut dengan baik. Namun demikian, konsekuensinya adalah tuntutan pengetahuan yang semakin kompleks bagi engineer untuk mendalami betul konsep SRPMK (Struktur Rangka Pemikul Momen Khusus).

Mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat.

2 thoughts on “SERBA SERBI KOLOM BETON”

  1. utk membuat tower air kapasitas 10m3 ketinggian 6 meter dari permukaan tanah berapa kadalam pondasi yang harus dibuat.
    rencana tandon menggunakan tanki air kapasitas 5000 liter 2 buah

    1. Tergantung hasil uji tanahnya. Namun dermikian karena tower air adalah bangunan yang rentan gagal terhadap beban gemnpa maka sebaiknya kedalaman penanaman kolom minimal 1/3 dari ketinggian tower yaitu minimal 2 meter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *