HAKIKAT KESUKSESAN HIDUP

Di dalam hidup ini seringkali manusia terlalu memikirkan kebahagiaan dunia. Terkadang mereka mengejar rejeki dan harta sampai lupa bahwa sesungguhnya rejeki dan harta itu hanya sebagian kecil dari kemewahan dunia yang mungkin tidak memberi manfaat apa-apa terhadap kehidupan di akhirat. Rejeki dan harta yang dibelanjakan di jalan Allah sajalah yang akan bermanfaat bagi kehidupan di akhirat kelak.

Mengejar rejeki adalah sebuah kesalahan, apalagi jika sampai melupakan hakikat hidup ini sebagai karunia Tuhan. Sesungguhnya yang perlu dipersiapkan oleh setiap manusia ialah menata dirinya agar layak diberi rejeki oleh Allah SWT. Jadi jangan sampai membiarkan diri kita mengejar rejeki, namun menata diri kita sehingga Allah menyayangi kita dan akhirnya rejeki yang mengejar kita.

Membandingkan apa yang telah kita miliki dengan yang dimiliki oleh orang lain adalah sebuah kebodohan. Mensyukuri apa yang telah Allah berikan kepada kita itulah yang yang terpenting, karena hanya dengan cara itulah maka kita dapat menikmati karunia Allah SWT dengan sebenar-benarnya.

Perlu juga dijadikan renungan bahwa orang kaya yang sesungguhnya itu bukanlah orang yang berhasil mengumpulkan harta sebanyak-banyaknya melainkan mereka yang paling sedikit menggunakannya, sehingga masih sanggup memberi dan berbagi dengan sesama. Itulah kekayaan yang sebenar-benarnya, yang bermanfaat bagi kehidupan akhirat kita.

Dunia ini hanya sementara saja. Jangan sampai kita terlalu dibebani oleh urusan dunia seperti: kaya, sukses, terkenal, dan sebagainya. Itu semua tidaklah penting karena sesungguhnya dunia ini adalah tempat kita berbuat baik. Berbuat baik, sabar, ikhlas, bersyukur, dan berserah diri, adalah ciri-ciri orang yang mencintai Allah SWT,

Jika Allah mencintai seseorang, maka Allah akan mengujinya, Jika ia sabar maka Allah akan memilihnya. Jika ia ridho maka Allah akan mensucikannya.

Mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat.

(Bahan renungan dan inspirator: H.Don – Medan)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *