PEMBESIAN STRUKTUR BETON

PERANAN PENTING PEMBESIAN DI DALAM STRUKTUR BETON

 

Beton adalah salah satu material pembentuk struktur yang sangat luas penggunaannya di dunia struktur dan konstruksi. Beton sendiri adalah material yang disusun oleh pasta semen dan agregat (halus dan kasar) dengan perbandingan tertentu dan cara-cara pengolahan tertentu pula. Dari bahan-susunnya, maka beton tidak memiliki kekuatan atau kemempuan menahan gaya tarik.

Sebagai material yang tidak tidak memiliki kemampuan menahan gaya tarik, maka peranan bajatulangan di dalam struktur beton sangat penting. Kemampuan bajatulangan yang sangat kuat terhadap gaya tarik adalah sebuah alasan yang mendasari mengapa bajatulangan menjadi elemen penting di dalam struktur beton (Gambar 1)

BajatulanganGambar 1. Fungsi bajatulangan di dalam elemen struktur beton

Di dalam melakukan rancangan pembesian elemen struktur beton, mutlak difahami regulasi dan/atau ketentuan-ketentuan lain yang terkait dengan perancangan struktur, terutama bagi struktur bangunan yang dibangun di daerah rawan gempa. Di daerah rawan gempa, perancangan pembesian ini menjadi sangat penting. Secara garis besar terdapat dua cara pendetilan elemen struktur di daerah rawan gempa, yaitu:

  1. Detil yang memungkinkan pembentukan sendi plastis pada lokasi tertentu guna meningkatkan disipasi enersi gempa (ketahanan terhadap gempa melalui mekanisme disipasi enersi)
  2. Detil yang mendasarkan pada konsep penyerapan enersi gempa dengan pemasangan devices (damper atau base isolator)

Meskipun saat ini sudah mulai banyak digunakan, perancangan detil yang mendasarkan pada konsep penyerapan enersi gempa relatif mahal dan melibatkan teknologi tinggi. Oleh sebab itu implementasinya tidak terlalu populer dibandingkan dengan detil yang mendasarkan pada konsep disipasi enersi gempa.

Perancangan detil berdasarkan mekanisme disipasi enersi gempa banyak dipilih sebagai disain alternatif yang relatif lebih murah dan lebih mudah dilaksanakan. Namun demikian, pembesian harus dirancang sedemikian rupa hingga bagian-bagian tertentu dari struktur beton ini mampu memencarkan energi gempa melalui mekanisme sendi plastis. Jadi harus dibuat detil pembesian yang memungkinkan pembentukan sendi plastis pada lokasi tertentu guna meningkatkan disipasi enersi gempa (ketahanan terhadap gempa melalui mekanisme disipasi enersi). Selain itu, perlu beberapa persyaratan kualitas pendetilan struktur (agar mekanisme sendi plastis benar-benar terjadi sesuai yang direncanakan), yaitu:

  1. Kuat tekan target beton (f’c) minimal 25 Mpa, dan homogenitasnya harus terjamin (khususnya pada join balok-kolom)
  2. Overstrength factor bajatulangan utama semua elemen struktur tidak boleh kurang dari 1.4
  3. Pendetilan sengkang (kualitas bahan dan bentuk sengkang) harus menjamin tidak terjadi gagal geser

 

Dari pengalaman mengajar struktur beton sejak tahun 1978 hingga saat ini, saya mencoba merangkai kembali naskah-naskah perkuliahan yang pernah saya buat, disesuaikan dengan regulasi yang berlaku. Untuk mendapatkan bahan tersebut (dalam format pdf). Naskah ini dibagi menjadi beberapa bagian (silakan klik pada topik yang dikehendaki), yaitu:

  1. Bajatulangan sebagai bahan bangunan
  2. Teknik Pembesian Pelat Beton
  3. Teknik Pembesian Balok Beton
  4. Teknik Pembesian Kolom Beton dan Join Balok-Kolom
  5. Teknik Pembesian Pelat Fondasi
  6. Dokumen Tugas dan Suplemen Khusus

Naskah-naskah di atas dipublikasikan melalui situs ini dengan tujuan membantu praktisi di dalam memahami dan merancang penulangan elemen struktur beton sesuai dengan regulasi yang berlaku. Mudah-mudahan bermanfaat

 

Tulisan ini saya dedikasikan kepada Ir. Harsojo D (Alm). Beliau adalah Guru yang sudah saya anggap sebagai orang tua saya sendiri. Beliaulah yang membuat saya menyukai dan mencintai bidang teknik sipil. Melalui Beliau juga saya banyak mendapatkan bekal filosofi keteknik-sipilan, khususnya saat saya masih menjadi mahasiswa teknik sipil FT UGM. Mudah-mudahan tulisan ini menjadi pahala bagi Beliau. Aamiin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *